Parenting

Toilet training yang “kecepetan” :p

Dengan umur yang akan beranjak 6 bulan dalam beberapa hari lagi, babyboy lagi lagi menunjukkan milestone hebat. Babyboybalabala mulai toilet training. 🙂

Emangnya gak terlalu cepat umur segitu sudah toilet training?

Begitu kata teman-teman yang melihat posting saya di socmed beberapa waktu lalu. Dalam hati saya, “why not?”. Membiasakan seorang bayi untuk buang air di toilet memang pada umumnya dilakukan ketika bayi melewati usia setahun. Mostly justru mulai di atas 18 bulan. Tapi saya ibu yang berprinsip, it’s never too early to start a good habit. 😉

Asiknya, gimana caranya?

Hehehe… toilet training yg saya terapkan untuk babyboy memang bukan toilet training untuk anak besar. Benar memang, bayi 6 bulan belum bisa bilang kalau mereka mau buang air besar (apalagi pipis). Tapi kalau kita cukup perhatian, bayi akan menunjukkan ekspresi tertentu yang menandakan mereka mau buang air besar lho. Demikian yang terjadi pada babyboy. Dari umur 2 bulan, ia selalu risih setelah poo. Sehingga, sejak 4 bulan, kami mulai membiasakan ia membersihkan poo-nya di toilet. Di akhir bulan ke-5 ini, kami mulai makin tahu setiap ia mau poo. Alih-alih membiarkan ia poo di tempat mainnya, kami langsung plorotin dan angkat ke toilet. Untungnya sekarang babyboy sudah bisa didudukkan, jadi kami melatih ia duduk di toilet.

Bener lho, babyboy bisa poo di situ!

Kalo lagi jalan-jalan repot dong?!

Bener banget. Kadang saya juga sering gagal. Kemarin contohnya, ketika shopping bareng ayah ibunya, di ITC Kuningan babyboy udah menunjukkan gejala mau poo. Mukanya jenggureng, dan ngeluarin suara suara Ngggg Ngggg, lucu sekali! Tapi karena kondisi gak memungkinkan (Toiletnya gak ada buat baby, dan agak jorok) alhasil kami membiarkan ia poo di diapersnya. Bener aja, gak lama setelah dia poo, babyboy ribut kesel. Kami langsung menuju mobil untuk ganti diapersnya.. Kasian :”'( Next time, we’ll find you a proper toilet ya nak!

Drama toilet training ini sepertinya gak akan berakhir sampai babyboy benar benar bisa ngomong deh, hehehe. Tapi kami gak akan menyerah! We become what we repeatedly do. SEMANGAAAAAAT!!!

20160331_181614
happy babyboy during his toilet training ;P
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s