Expecting Baby · Parenting

Lima Barang Yang Tidak Ada di Baby Shopping List, Tapi Layak Dibeli :)

Waaaah tak terasa sekarang kehamilan kedua saya sudah memasuki minggu ke 35. I’ll be seeing my second babyboy in less than a month, I suppose. Ini adalah waktu yang paling tepat untuk BERBELANJA!!!

YES! Semua new-mom or mom-to-be pasti excited banget kalau sudah belanja peralatan bayi. Kita akan super duper semangat mencari list barang-barang yang harus dibeli untuk si kecil. Bikin list, cari toko bayi yang asik, sampai akhirnya memborong barang-barang bayi adalah pleasure yang luar biasa. Well, it’s normal moms! :p

Tapi ternyata…kehamilan kedua ini ternyata berbeda dengan kehamilan pertama. Dulu pas hamil Galen, begitu masuk usia 7 bulan saya udah berburu peralatan bayi from A to Z. Hamil adenya Galen sekarang, saya belum beli apa apa tuh buat dia sampai usia 35 minggu ini. Memang saya berencana untuk “menurunkan” beberapa barang-barang Galen untuk adiknya. Dan di kehamilan kedua ini, saya belajar banyak dari shopping experience saya. Bukan sedikit barang-barang Galen yang ended up tidak terpakai lho. Banyak juga barang yang saya bahkan gak beli padahal ternyata sangat amat dibutuhkan, baik untuk si bayi, maupun si Ibu.

List ini akan menjabarkan barang-barang yang biasanya tidak ada di baby shopping list pada umumnya, tapi percayalah, you’ll need it more than anything in this world especially in the first months. Mudah-mudahan akan berguna bagi mom-to-be lain yaaa… 🙂

BANTAL MENYUSUI

No one told me that breastfeeding would be and exhausting experience. Orang bilang menyusui adalah pengalaman luar biasa bikin bonding dan sebagainya. But trust me, breastfeeding itu melelahkan, terutama di kala malam hari dan kalau bayi kita model yang minta susu terus. Di sisi lain, menyusui yang “benar” itu disupport dengan posisi yang tepat. Saya dulu beli bantal menyusui yang banyak dibeli oleh teman-teman.

bantal-menyusui
Bantal menyusui yang saya beli (pic from Google)

Namun ternyata, bantal itu akhirnya tidak terpakai sama sekali sama saya. Kenapa? KARENA GAK PEWE. Saya kebetulan bukan perempuan yang “kurus”, jadi untuk menggunakan bantal itu dengan melingkar ke perut saya, sesak bangeeeet. Saya teringat bantal menyusui yang saya pakai di RS Brawijaya, merknya My Brest Friend. Beneran enaaaaaaak banget pakai bantal menyusui ini, posisinya bener bener pas, dan bikin posisi menyusui yang sempurna, gak sesak perut, dan betah berlama-lama menyusui. Namun, setelah saya browsing-browsing, harganya gak murah. HIKS! Akhirnya dulu saya memutuskan untuk sewa di babyloania.com. Percayalah, sometimes it’s better to rent stuffs than buying it. Karena barang semacam bantal menyusui ini hanya dipakai MAKSIMAL 3 BULAN.

my-brest-friend
Bantal My Brest Friend (pic from google)

Nah, di kehamilan kedua ini, saya berhasil menemukan local dupe-nya my brest friend, namanya bantal menyusui Baby Oz yang harganya cuma 300ribuan. Gak tau sih, bakal sepewe my brest friend atau nggak, tapi it looks good by the look. Let’s just give it a try.

FREEZER ASI

This won’t be in the baby shopping list, but I bet you have anticipated it, right? Freezer ASI tuh wajibul qudu banget buat dibeli. Dulu waktu hamil Galen, saya gak expect akan membutuhkan freezer ASI sebegitunya, karena freezer kulkas saya juga sudah cukup besar. Tapi ternyata, stok di awal-awal saya cukup banyak, alhasil gak muat di freezer biasa. Dan di tengah kondisi mendesak saya memilih sewa 6 bulan dengan biaya 900ribu. I regretted it. Begitu lewat 6 bulan sewa (ketika umur Galen kurang lebih 9 bulan), saya jadi kewalahan naro ASI. Dan melihat freezer rumah sudah cukup penuh makanan, sedih juga sih jadinya. Masa ASI Galen harus nyampur-nyampur sama bahan makanan lain. So trust me, mengeluarkan 3 juta untuk sebuah freezer ASI adalah investasi yang tepat, terlebih kalau mommies berencana ASI eksklusif 2 tahun or even memiliki bayi lagi di kemudian hari. It’s a must buy!

freezer-toshiba-300x225
Freezer ASI idaman! 😀

BREAST PUMP (ELECTRIC)

Kalau breast pump pasti ibu-ibu juga udah cukup aware ya. Mom-to-be pasti rajin browsing breast pump apa sih yang oke. Dulu, waktu hamil Galen, saya beli breast pump manual Phillips Avent. Cenderung ke coba-coba sih, namanya juga first trial, mari kita coba yang manual dulu. Memang manual atau elektrik adalah pilihan dan preferensi masing-masing. Tapi pengalaman saya, memompa manual di bulan bulan pertama kelahiran bayi sangat melelahkan dan bikin gak mood untuk pumping. Memasuki usia Galen tiga minggu, baru deh saya beli pompa elektrik. Astagaaaa, it saved my energy a loooot! Coba saya dulu langsung coba yang elektrik, pasti saya gak akan berdalih kecapean. You just have to fit it into your b**bs, and let the milk flow!! 🙂

unimom
Breastpump elektrik pertama saya, Unimom. But I will buy another one for the second baby 😀

LOOOTS OF LOOOTS OF UNDERWEAR AND SLEEPWEAR

Underwear apaaaah? Underwear kamu mommies. Setelah melahirkan, wanita akan mengalami perubahan tubuh yang cukup signifikan lho. I’m pretty sure it changes our size. Hehe.. Dulu saya kurang mengantisipasi ini. Saya hanya bebeli beberapa pasang bra menyusui yang pada akhirnya KURANG BANGEEET!! Plus, saya terbiasa pakai undies di pinggul. Ternyata, pasca lahiran, undies pinggul tuh gak nyaman bangeeeet, apalagi ada bekas jahitan operasi di perut bagian bawah. HUFT, terpaksa saya hunting undies di kala si baby masih belum 40 hari. I should’ve prepared more comfy undies before. Big undies might look ugly, but trust me, comfort means everything for a new mom.

Selain underwear, saya juga menyarankan mommies untuk beli sleepwear yang nyaman dan kalau memungkinkan, good looking. And if it’s possible, find clothes with buttons on the front. Dulu, sampai Galen 1,5 bulan, saya tinggal bersama keluarga mertua. Kadangkala saya harus siap kedatangan tamu, dilihat papa mertua, di berbagai waktu, bahkan saat menyusui. Hehe.. Jadi, alangkah baiknya kalau “baju rumah” nya terlihat cukup proper, nyaman, dan easy to breastfeed, fo shooo!!

pjamas
I bought pjamas like this for daily activities at home! 🙂

ESSENTIAL OIL AND DIFFUSER

Nah, kalau yang ini memang sebuah persiapan yang agak splurge sih. Gak wajib beli banget, tapi alangkah baiknya kalau punya. Essential oil adalah minyak alami ekstrak berbagai tumbuhan yang bisa dipakai untuk berbagai manfaat.

Waktu Galen kecil, saya pernah mencoba essential oil lavender (merk Young Living) hasil rekomendasi mommies lain, tapi saya belum punya diffusernya, jadi hanya saya oleskan ke beberapa bagian. Galen memang bukan tipikal cranky, jadi it didn’t matter that much. Tapi setelah akhirnya bisa memiliki diffusernya ketika Galen umur setahun ini, ternyata efeknya bener-bener kerasa. Kalau dia tidur dengan susu yang cukup dan di-diffuse dengan beberapa tetes lavender yang kadang saya campur dengan peppermint, Galen jauuuuh lebih nyenyak dan bangun dengan lebih ceria. Ayah ibunya juga bisa tidur lebih nyenyak lho. Perfect sekali untuk bobo bareng keluarga di akhir pekan! Di lain waktu, saat Galen mulai kelihatan beler, biasanya saya oleskan peppermint dicampur VCO di tengkuk, dada, punggung, serta telapak kaki. Ketika tidur, Galen gak terlalu mampet lho!! It’s healthy and relaxing at the same time! 😀

yl
Beberapa contoh essential oil (pic from Google)

Demikianlah lima barang yang (biasanya) tidak ada di baby shopping list, tapi layak banget untuk dimiliki mom-to-be! Hopefully tulisan saya cukup bisa menerangkan untuk mommies yaaaa..

Selamat berbelanja ibu-ibu :*

Advertisements

3 thoughts on “Lima Barang Yang Tidak Ada di Baby Shopping List, Tapi Layak Dibeli :)

  1. wah selamat dinar, galen mau punya adek lagi
    dulu istriku caesar di kelahiran pertama
    alhamdulillah bisa normal di kelahiran kedua melalui vbac. padahal jarak dengan kakaknya cuman 1,5 tahun
    mungkin bisa dipertimbangkan nar melalui vbac
    rasanya perih liat perut istri disayat-sayat

    1. Wahahaha, kalo dokterku gak recommend, terutama mengingat ukuran kepala Galen dan adiknya yang di ambang batas wajar untuk normal Dead 😦

      1. oalah
        kalo gitu semoga segalanya lancar” aja yo nar sampe lahiran anak keduanya
        dan semoga yang kedua ini cewek yah biar lengkap
        aamiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s